Assalamu'alaikum ^_~

Selamat Datang di Blog Saya... terimakasih :)

Senin, 21 Mei 2012

Dampak Globalisasi

Dampak Globalisasi Terhadap Perkembangan Teknologi dan Perubahan Sosial Budaya
NAMA : HALIMATUSSA’DIYAH
KELAS : IX-A
               
                Pengaruh globalisasi membawa dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Dampak tersebut dapat berupa dampak positif dan dampak negatif. Pengaruh pengaruh positif dan negatif  harus dihadapi, karena globalisasi bukanlah pilihan, tapi suatu hal yang harus dijalani. Proses globalisasi yang melanda dunia membawa dampak yang sangat besar bagi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Tak hanya itu, globalisasi juga membawa dampak bagi perubahan sosial budaya. Banyak contoh yang bisa kita dapatkan dari dampak positif dan dampak negatif globalisasi.
                Dampak positif Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memudahkan kita untuk beraktivitas,  berhubungan dan berkomunikasi, tanpa harus memikirkan biaya, waktu dan tempat. Kita juga dapat mengetahui berita dan informasi terbaru dari televisi yang selalu ada 24 jam. Melalui browser, kita juga dapat memperoleh informasi dengan sangat mudah, efisien dan efektif. Itu dapat membuat cara berfikir masyarakat menjadi lebih maju. Banyaknya jejaring sosial juga membuat kita sangat mudah untuk berkomunikasi dengan orang yang kita kenal, ataupun kita bisa mendapat teman baru di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter,Flickr dan lain-lain.
                Tapi, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi juga dapat memberikan dampak buruk bagi perubahan sosial budaya suatu negara, termasuk Indonesia. Contohnya saja, sekarang banyak anak-anak yang menghabiskan waktu dan uangnya di “warung internet”. Bahkan tak jarang seorang pelajar rela bolos sekolah hanya untuk bermain game di warung internet. Tak hanya main game, banyak dari mereka pergi ke warnet untuk melihat video porno, itu bisa merusak moral anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa. Pada zaman dahulu, sebelum adanya perkembangan teknologi, jarang ada anak yang berani bolos, berbohong bahkan melawan orangtuanya.
                 Dampak buruk globalisasi ini tak hanya terjadi pada anak-anak, tetapi juga pada orang dewasa juga. Dahulu, sebelum banyaknya acara televisi yang menampilkan siaran hingga 24 jam, orang-orang sudah tidur pada pukul 08.00 atau 09.00, tapi, setelah adanya televisi yang menyiarkan acara-acara yang menarik selama 24 jam, orang dewasa bisa saja tidur lebih larut malam. Ada yang ingin menyaksikan berita terbaru atau hanya sekedar menonton siaran langsung klub bola favorit mereka.
                Tidak terbatasnya komunikasi antar negara membuat mudahnya kita berhubungan dengan orang yang ada di negara lain. Tapi, hal itu juga dapat mengakibatkan banyaknya budaya-budaya negara lain yang masuk ke negara Indonesia. Bahkan banyak budaya barat yang tidak sesuai dengan ideologi dan budaya bangsa Indonesia juga masuk ke dalam bangsa Indonesia.
                 Globalisasi mempunyai dampak positif yang sangat memudahkan, juga memiliki dampak negatif yang mempengaruhi kehidupan sosial budaya. Globalisasi bukanlah sesuatu yang harus dihindari, karena jika suatu negara menghindari globalisasi, maka negara tersebut tidak akan maju, tidak akan makmur, dan selalu tertinggal oleh negara-negara lain.  Untuk itu, kita harus menjadikan globalisasi sebagai jendela ilmu dan jangan disalahgunakan, karena globalisasi yang positif bisa membawa dampak negatif  jika  disalahgunakan. Ambillah yang positif dan buanglah jauh-jauh yang negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar